Wednesday, 3 January 2018

Mengatasi anak lambat belajar forex


Ajar berulang kali, 5 minit lupa Tak fokus semasa pembelajaran Asyik principal jer, bila nak pandai Keluhan ibu bapa berkenaan anak-anak yang gagal menguasai abjad pada umur 4 tahun. Kalau dilihat pada beberapa dekad yang lalu anak-anak yang biasa dapat menguasai abjad pada umur 7 dan 8 tahun. Namun kini 4 tahun pun dah menjerit maknya jika anak masih belum mengenal abjad. Mulalah resah tak tentu pasal sampai beli bermacam alat bantu mengajar yang baik namun kurang berkesan sebab tak pandai nak guna. Lepas tu hantar anak kat tadika mahal-mahal agar cikgu boleh tolong entreaberta, semua itu melibatkan WANG. Apa jalan penyelesaiannya, di sini saya nak kongsi teknik HEBAT kepada anda semua bagaimana nak entreaberta anak membaca seawal 4 tahun. Sangat hebat sehingga e uma canção de danças nak jadi cikgu kat sekolah tu. 1. Mulakan dengan abjad kecil Kalau nak interligado, jangan terus perkataan atau sukukata. 8216blank8217 terus otak budak tu sebab mereka perlu diajar secara berperingkat. Satu lagi abjad kecil selalu digunakan dalam pembacaan dan cara penulisan pun lebih mudah. Sebagai contoh ajar 8216a8217 dulu sebelum 8216A8217. Anak anda perlu menguasai peringkat bentuk mudah sebelum bentuk yang lebih susah. Cuba anda baca suratkhabar, banyak huruf kecilkan. Bila asyik ulang tengok bentuk yang sama ini akan menajamkan dan mengekalkan ingatan anak anda. 2. Mulakan dengan hurul vokal dahulu. Sebab huruf vokal mempunyai bunyi yang lebih menarik dan boleh dibuat secara kreatif. Ada banyak cara sebenarnya cuma yang paling popular nyanyikan huruf vokal tu. Mak pun kena 8216sporting8217, nyanyi sama-sama dan kalau boleh biar jiran sebelah rumah dengar sambil nyanyi sama. Gabungan huruf konsonan juga lebih mudah jika dah menguasai huruf vokal. Bentuk huruf vokal juga lebih mudah dari sudut visual anak anda, jadi lepas mereka mengenal huruf itu, terus ajar mereka tulis. 3. Gunakan huruf berwarna. Budak kecil asyik tengok hitam putih chatice jemu juga. Mereka sukakan sesuatu yang menarik dan boleh dibezakan. Huruf berwarna akan merangsang pemikiran mereka supaya lebih tajam dan mudah mengigati sesuatu. Bezakan setiap huruf yang diajar dengan warna yang berlainan. Contohnya 8216a8217 warna merah, 8216e8217 warna biru dan 8216o8217 warna kuning. Teknik ini amat berkesan kerana anak merasa seronok untuk melihat perkara yang berwarna-warni. Bahan grafik yang berwarna akan menarik minat anak. Cuba anda beli aiskrim yang ada warna hitam putih dan warna pelanggi. Yang mana satu pilihan anak anda. Pelikkan Tapi itulah realiti seorang budak kecil. 4. Ulang Bacaan. Banyakkan ulangan bila mula membaca, ini kerana anak kecil sukar untuk mengigatkan sesuatu yang baru dengan cepat, malah mereka juga cepat lupa. Jadi ulangan amat penting untuk memberi kesan yang lebih baik kepada ingatan kanak-kanak. Masalah utama, ibubapa adalah sikap mudah berputus asa dan jemu untuk mengajar anak. Jadi jika nak anak pandai, teruskan berusaha sampai dah berbuih mulut asyik ulang benda yang sama. 5. Gunakan kaedah nyanyian. Dalam internet banyak lagu yang berkaitan ejaan dan bacaan. Anda muat turun dan nyanyi bersama anak-anak. Apa nak dimalukan jika hanya menyanyi dalam rumah. Zaman kita dulu lagu 8216GABAN8217 dalam bahasa Jepun chato boleh ingat, begitu juga anak kita boleh hafal ayat UPIN DAN IPIN 8220betul betul betul8221. Ini kerana daya tarikan dalam nyanyian akan menarik minat anak kecil. Malahan kalau ramai budak yang tidak kenal huruf lagi boleh menyanyi lagu yang mereka minat melalui kaedah hafalan. Jadikan senjata anda untuk menarik minat mereka. Itu sahaja serba sedikit petua untuk para ibubapa mengetahui teknik HEBAT mengajar anak kecil membaca. Biarpun Nampak mudah namun sering tidak diendahkan oley masyarakat dan menyebabkan anak kecil terus 8216stress8217 bila sesi belajar. Jadikan pembelajaran tersebut seronok dan cuba menarik minat mereka agar meminati bidang bacaan. Informação perkongsiana de Sedikit. Cara paling senang untuk tarik perhatian gunakan alat mainan berbentuk tulisan. Jangan gunakan buku dahulu. Cuba kad huruf atau huruf plastik untuk menarik perhatian. Contoh: Permula: Ajar hanya 2 huruf vokal, tunjuk pada anak berulang kali. Sampai dia boleh hafal. Ambil kedua huruf tersebut dan tunjukkan pada anak secara serentak. Sebut salah satu huruf dan minta anak pilih. Dia akan memilih nanti. Tip masa mengajar si kecil. JANGAN MARAH atau mengeluh kerana emosi negatif kita akan tersalur pada anak. Banyakkan memuji anak dengan perkataan positif. Contoh: setelah anak memilih huruf yang betul, katakan quotpandainya anak makquot Jika anak menjawab salah..katakan quotBagus, tapi kurang tepat. Ini huruf yang betulnye, pandai anak makquot Semasa mengajar elakkan diri anda dalam keadaan letih dan resah. Banyakkan jadikan pengajaran menarik dan gembira. Sila cuba dulu. Moga bermanafaat. Sebelum Mengajar ajak anak selawat dulu. Askum. Saya dh beli macam2 peralatan untuk anak saya belajar. Sekarang ni certo huruf die kenal dan certain lagi lupa2 ingat. Jika kita bagi pembayang sebagai contoh aayam, baru die tahu bentuk a. Tp bila cakap a saja die dh blur. Saya risau kerna anak saya sekarang berumur 6 tahun. Paling yg x best nyer a die blh lupa p huruf susah die kenal. Blh x bagi tip untuk saya bagaimana cara terbaik untuk mengatasi masalah ni. Tq Pertama. Puan kena banyak bersabar sebab tahap intelektual kanak-kanak berbeza yang mana kaedah mengajar juga berbeza. Puan dah banyak berusaha namun masih belum berhasil Gunakan langkah yang saya ajarkan ini. 1- Kenalkan hurif vokal dahulu iaitu quot a e i o uquot Selagi belum kuasai, ulang sampai dapat. 2- Mulakan dengan bahan fizikal dahulu seperti huruf 39a39 berbentuk blok. Kemudian gunakan bahan bercetak, seeloknya berwarna. 3- Contoh huruf 39a39 ajarkan berulang mengunakan bahan yang berbeza. Lihat jika dia dapat mencari persamaan. Lakukan dalam keadaan tenang kerana anak dapat melihat reaksi kita. 4- Selepas mereka boleh kenali huruf 39a39, terus lakukan latihan. Paling mudah gunakan kertas A4 kosong. Suruh anak buat semula bentuk yang dia belajar tadi. Gunakan kertas kosong sebab pemikiran mereka bebas untuk melakar sesuatu. Seeloknya gunakan pencil warna. 5- Puan kena lihat juga teknik kesesuaian pembelajaran anak. - Visual --- Belajar dengan cara melihat - Audio --- Belajar secara mendengar - Kinetik --- Belajar secara bergerak atau bermain Bagi kebanyakan ibu mengunakan kaedah visual dan audio. Teknik ini sesuai jika anak boleh duduk diam sambil melihat dan mendengar ketika kita sedang mengajar. Namun jika anak puan aktif bergerak, galakkan dia bermain sambil belajar. Contohnya menyanyi lagu huruf vokal atau mengunakan papan putih untuk dia melakar sesuatu. 6- Paling penting Puan sangat fokus semasa mengajar, tolong tutup TV dan benda ganguan lain. Sesi pengajaran cukup sekadar setengah jam. Lepas tu rehat atau sambung masa lain Penting untuk pendekkan masa mengajar dan lebih kerap Elakkan masa belajar lama dan jarang-jarang kerana anak akan hilang fokus. Pengertian Slow Learner Slow learner adalah anak dengan tingkat penguasaan materi yang rendah, padahal materi tersebut merupakan prasyarat bagi kelanjutan Di pelajaran selanjutnya, sehingga mereka sering harus mengulang (Burton, dalam Sudrajat, 2008). Anak lamban belajar (aprendiz lento) merupakan anak yang memiliki potensi intelektual sedikit di bawah normal, tetapi tidak termasuk anak tunagrahita (biasanya memiliki IQ sekitar 80 8211 85). Dalam beberapa hal anak ini mengalami hambatan atau keterlambatan berpikir, merespon rangsangan dan kemampuan untuk beradaptasi, tetapi lebih baik dibanding dengan tunagrahita. Mereka membutuhkan waktu belajar lebih lama dibanding dengan sebayanya. Sehingga mereka memerlukan layanan pendidikan khusus. B. Ciri 8211 ciri Anak Slow Learner Anak aprendiz lento memiliki ciri 8211 ciri sebagai berikut. 1. Berfungsinya kemampuan kognisi, hanya saja di bawah nível normal. 2. Cenderung tidak matang dalam hubungan interpessoal. 3. Memiliki kesulitan dalam mengikuti petunjuk 8211 petunjuk yang memiliki banyak langkah. 4. Hanya memperhatikan saat ini dan tidak memiliki tujuan 8211 tujuan jangka panjang. 5. Hanya memiliki sedikit strategi internal, seperti kemampuan organisasional, kesulitan dalam belajar dan menggeneralisasikan informasi. 6. Nilai 8211 nilai yang biasanya buruk dalam tes prestasi belajar. 7. Dapat bekerja dengan baik dalam mão 8211 em materiais, yaitu materi-materi yang telah dipersingkat dan diberikan pada anak, seperti kegiatan di laboratorium dan kegiatan manipulatif. 8. Memiliki self 8211 image yang buruk. 9. Mengerjakan tugas 8211 tugas dengan lambat. 10. Menguasai keterampanan dengan lambat, beberapa kemampuan bahkan sama sekali tidak dapat dikuasai. 11. Memiliki daya ingat yang memadai, tetapi mereka lambat mengingat. C. Klasifikasi Aprendiz lento merupakan salah satu dari lima kesulitan belajar siswa (Sudradjat, 2008). Lima kesulitan itu antara lain. 1. Transtorno de aprendizagem atau kekacauan belajar, yaitu keadaan di mana proses belajar seseorang terganggu akibat munculnya respon yang bertentangan. 2. Disfunção de aprendizagem, merupakan gejala di mana proses belajar yang dilakukan siswa tidak berfungsi dengan baik, meskipun sebenarnya siswa itu tidak mengalami subnormalitas mental. 3. Under-achiever, mengacu pada siswa yang sesungguhnya memiliki tingkat potensi intelektual yang cenderung di atas normal, tetapi berprestasi belajar yang rendah. 4. Problemas de aprendizagem, yaitu ketidakmampuan belajar yang mengacu pada gejala di mana siswa tidak mampu belajar atau menghindari belajar. 5. Slow-learner, adalah siswa yang lambat dalam proses belajar, sehingga ia membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan sekelompok siswa lain yang memiliki taraf intelektual yang relatif sama. Penggolongan aprendiz lento menurut masalah belajar anak. 1. Anak dengan masalah konsentrasi 2. Anak dengan masalah daya ingat 3. Anak dengan masalah kognisi 4. Anak dengan masalah sosial dan emosional D. Faktor Penyebab Aprendiz lento Aprendiz lento memiliki hubungan yang sangat erat dengan IQ, maka terdapat dua faktor yang mempengaruhinya. 1. Faktor Internal 183 Genetik Hereditas Berdasarkan 111 penelitian yang diidentifikasi dalam suatu survei pustaka dunia tentang persamaan inteligensi dalam keluarga (Atkinson, dkk, 1983, h. 133), terdapat korelasi antara IQ orangestaño anaknya. Semakin tinggi proporsi gen yang serupa pada dua anggota keluarga, semakin tinggi korelasi rata-rata IQ mereka. Disebabkan oleh zat 8211 zat yang dapat merusak otak, misalnya. Zat pewarna pada makanan, pencemaran lingkungan, gizi yang tidak memadai, dan pengaruh 8211 pengaruh psikologis dan sosial yang merugikan perkembangan anak. 2. Faktor Eksternal Efek lingkungan yang berbeda terhadap IQ, berdasarkan penelitian yang dilakukan Beyley bahwa status sosial 8211 ekonomi keluarga mempengaruhi IQ anak (Atkinson, dkk, 1983, h. 137). Disimpulkan bahwa, indivíduo dapat memiliki IQ sekitar 65 jika dibesarkan di lingkungan miskin, tetapi dapat memiliki IQ lebih dari 100 jika dibesarkan di lingkungan sedang atau kaya. Penelitian tersebut menjelaskan bahwa kondisi keluarga mempengaruhi bagaimana keluarga mengasuh anak mereka. 183 Strategi Pembelajaran Penyebab utama problema anak lamban belajar (aprendiz lento) berupa strategi pembelajaran yang salah atau tidak tepat, pengelolaan kegiatan pembelajaran yang tidak membangkitkan motivasi belajar anak dan pemberian ulangan penguatan yang tidak tepat. E. Cara Mengatasi Slow Learner Saat siswa tidak dapat menyelesaikan tugas pekerjaan rumah, tidak bisa mengerjakan soal ulangan, tidak bisa memahami intruksi 8211 intruksi tugas yang diberikan, mereka sering diklasifikasikan sebagai anak yang bodoh. Jika kata 8221bodoh8221 itu terdengar oleh siswa yang bersangkutan akan menambah beban secara psikologis untuk beraktivitas di dalam proses pembelajaran. Kata bodoh sering dikonotasikan sebagai orang yang tidak memiliki pengetahuan. Alangkah bijaksanannya anak yang mendapat predikat bodoh kita klasifikasikan sebagai anak lambat belajar bukan anak bodoh yang mempunyai konotasi yang negatif. Masalah-masalah yang mungkin bisa jadi penyebab anak lambat belajar antara lain karena masalah konsentrasi, daya ingat yang lemah, kognisi, serta masalah sosial dan emosional. Kecerdasan majama memang di bawah rata-rata, tetapi mereka bukan anak yang tidak mampu, tetapi mereka butuh perjuangan yang keras untuk menguasai apa yang diminuta di kelas reguler. Untuk mengatasi anak yang lamban belajar maka diperlukan metode belajar yang tepat bagi aprendiz lento atau anak lamban belajar, yaitu. 1. Pahami bahwa anak membutuhkan lebih banyak pengulangan, 3 sampai 5 kali, untuk memahami suatu materi daripada anak lain dengan kemampuan rata-rata. Maka, dibutuhkan penguatan kembali melalui aktivitas praktek dan yang familiar, yang dapat membantu proses generalisasi. 2. Anak lento aprendendo yang tidak berprestasi dalam akademik dasar dapat memperoleh manfaat melalui kegiatan tutorial di sekolah atau privat. Tujuan tutorial bukanlah untuk menaikkan prestasinya, tetapi membantunya untuk otimizado terhadap kemampuannya dan menghadapkannya pada harapan yang realistik dan dapat dicapainya. 3. Adalah masuk akal dan dapat dibenarkan untuk memberi mereka kelas yang lebih singkat dan tugas yang lebih sederhana. 4. Berusahalah untuk membantu anak membangun pemahaman dasar mengenai konsep baru daripada menuntut mereka menghafal materi dan fakta yang tidak berarti bagi mereka. 5. Gunakan demonstrasi dan petunjuk visual sebanyak mungkin. Jangan membingungkan mereka dengan terlalu banyak verbalisasi. Pendekatan multisensori juga dapat sangat membantu. 6. Jangan memaksa anak bersaing dengan anak dengan kemampuan yang lebih tinggi. Adakan sedikit persaingan dalam programa akademik yang tidak akan menyebabkan sikap negatif dan pemberontakan terhadap proses belajar. Belajar dengan kerjasama dapat mengoptimalkan pembelajaran, baik bagi anak yang berprestasi atau tidak, ketika pemebelajaran tersebut mendukung interaksi sosial yang tepat dalam kelompok yang heterogen. 7. Konsep yang sederhana yang diberikan pada anak pada permulaan unidade instrumental dapat membantu penguasaan materi selanjutnya. Maka, dibutuhkan beberapa modifikasi di kelas. 8. Anak sebaiknya diberi tugas, terutama dalam pelajaran sosial dan ilmu alam, yang terstruktur dan konkret. Projete-projete besar yang membutuhkan matangnya kemampuan organisassional dan kemampuan konseptual sebaiknya dikurangi, atau secara substantivo dimodifikasi, disesuaikan dengan kemampuannya. Dalam kerja kelompok, aprendiz lento dapat ditugaskan untuk bertanggung jawab pada bagian yang konkret, sedang anak lain dapat mengambil tanggung jawab pada komponen yang lebih abstrak. 9. Tekankan hal-hal setelah belajar, berikan insentif dan motivasi yang bervariasi. 10. Berikan banyak kesempatan bagi anak untuk bereksperimen dan mempraktikkan konsep baru dengan materi yang konkret atau situasi yang menstimulasi. 11. Pada awal setiap unit, kenalkan anak dengan materi-materi yang familiar. 12. Sederhanakan petunjuk dan yakin bahwa petunjuk itu dapat dimengerti. 13. Penting bagi guru untuk mengetahui gaya belajar masing-masing anak, ada yang mengandalkan kemampuan visual, auditori atau kinestetik. Pengetahuan ini memudahkan penerapan metode belajar yang tepat pada mereka. F. Pelayanan Pendidikan Bagi Aprendiz lento Pelayanan pendidikan dapat diberikan dengan memberikan bimbingan yang tepat bagi aprendiz lento. Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh seorang guru dalam melakukan bimbingan terhadap siswa yang lambat belajar. Strategi 8211 strategi yang bisa dilakukan oleh seorang konselor atau guru antara lain: 1. Bimbingan bagi anak dengan masalah konsentrasi a) Ubahlah cara mengajar dan jumlah materi yang akan diajarkan. Siswa yang mengalami masalah perhatian dapat ketinggalan jika materi yang diberikan terlalu cepat atau jika beban menumpuk dengan materi yang kompleks. Oleh karena itu, akan berguna bagi mereka untuk. - Memperlambat laju presenteasi materi - Menjaga agar siswa tetap terlibat dengan memberi pertanyaan pada saat materi diberikan. - Gunakan perangkat visul seperti membuat baganskema garis besar materi untuk memberikan gambaran pada siswa mengenai langkah-langkah atau bagian-bagian yang diajarkan. Siswa mungkin tidak menyadari peranan perhatian dalam proses pengajaran. Mereka juga tidak menyadari kalau perhatian merupakan bidang kesulitan tertentu bagi mereka. Dalam pertemuan ini seorang kita memberikan penjelasan dengan cara yang tanpa memberikan hukuman dan tanpa ancaman akan sangat berguna bagi siswa. Karena tanpa disadari kita telah mengalihkan perhatian kita dari siswa. Dengan membawa mereka dekat dengan kita secara fisik secara rafia akan membawa e anak lebih dekat kepada proses pengajaran. D) Berikan dorongan secara langsung dan berulang-ulang. Biarkan siswa tahu kalau anda melihatnya ketika sedang memperhatikan. Katakana kontak mata ketika pembelajaran berlangsung itu sangat penting. Cobalah berikan penghargaan atas kehadirannya. Bias juga dengan penghargaan verbal yang dilakukan dengan tenang, dan lembut. E) Utamakan ketekunan perhatian daripada kecepatan menyelesaikan tugas. Siswa mungkin merasa kecil hati dan tidak diperhatikan bila mereka dihukum karena tidak menyelesaikan tugas secepat orang lain. Membuat penyesuaian dan jumlah tugas yang harus diselesaikan maupun waktu yang disediakan untuk menyelesaikan tugas berdasar kemampuan individu mangkin akan sangat membantu dan mendorong bagi sebagaian siswa. F) Ajarkan auto-monitoramento de atenção. Melatih siswa untuk memonitor perhatian mereka sendiri sewaktu-waktu dengan menggunakan timer atau alarme jam. Mengajarkan mereka untuk mencatat berbagai intervalo apakah mereka memberikan perhatian atau tidak pada saat pengajaran. Catatan ini akan membantu menciptakan perhatian yang lebih besar bagi kebutuhan dalam memfokuskan perhatian. 2. Bimbingan bagi anak dengan masalah daya ingat a) Ajarkan menggunakan ressaltando atau menggaris bawahi dengan penanda. Untuk membantu memancing ingatan. Mereka harus diberi tahu cara memilih tajuk bacaan, kalimat dan istilah kunci untuk diberi garis bawah atau tanda dengan highlighter. Kemudian me-review dari bacaan yang di sudah digaris bahawahi tadi. B) Perbolehkan menggunakan alat bantu memori (ajuda à memória). Yang mana alat-alat itu bias berfungsi bagi mereka sebagai alat pengingat dan bias jadi juga sebagai alat pengajaran. C) Biarkan siswa yang mengalami masalah sulit mengingat untuk mengambil tahapan yang lebih kecil dalam pengajaran. Misalnya dengan membagi tugas-tugas kelas dan rumah atau dengan memberikan tes kemampuan penguasaan lebih sering. D) Ajarkan siswa untuk berlatih mengulang dan mengingat. Misalnya dengan memberikan tes langsung setelah pelajaran disampaikan. 3. Bimbingan bagi anak dengan masalah kognisi a) Berikan materi yang dipelajari dalam konteks 8220high meaning8221. Ini berguna untuk mengetahui apakan siswa memahami arti bacaan mereka atau arti suatu pertanyaan mengenai materi baru. Pengertian dapat diperkokoh dengan menggunakan contoh, analogi atau kontras. B) Menunda ujian akhir dan penilaian. Perlu memberikan umpan balik dan dorongan yang lebih sering bagi siswa berkesulitan belajar. Avalie terhadap tugas mereka sebagai tambahan pengajaran akan sangat membantu. Dengan kata lain, suatu kesadaran yang konstan mengenai siswasiswa ini akan membentuk kepercayaan diri dan kemampuan mereka. Bagi sebagian siswa, menunda ujian akhir mereka sampai siswa menguasai sepenuhnya materi yang dipelajari, mungkin merupakan cara terbaik. C) Temapatkan siswa dalam konteks pembelajaran yang 8220tidak pernah gagal8221. Siswa berkesulitan belajar seringkali mempunyai sejarah kegagalan disekolah. Biasanya mereka memiliki perasaan akan gagal (sensação de falha) dalam berbagai hal yang mereka lakukan. Memutuskan rantai kegagalan dan menciptakan cipta diri (senso de si mesmo) baru bagi siswa ini merupakan sesuatu yang paling penting bagi guru untuk melakukannya. Pada setiap tugas atau kemampuan siswa harus ditarik kembali kepada masalah diman tugas dapat dilakukan tanpa kegagalan. 4. Bimbingan bagi anak dengan masalah social dan emosional a) Buatlah sistem perhargaan kelas yang dapat diterima dan dapat diakses. Siswa berkesulitan belajar perlu memahami sistem penghargaan ini dikelas dan merasa ikut serta di dalamnya. Jangan sampai siswa yang berkesulitan melajar merasa 8220 out leis 8221, mereka yang tidak memilki kesempatan untuk mendapatkan penghargaan yang diterima siswa lain. Untuk memahami bagaimana mereka bisa mendapatkan penghargaan yang baik, para siswa disini perlu diberi pemahaman tentang bagaimana cara mendapatkan keuntungan sosial dari sibap positif dan hubungan sosial yang baik dikelas. beberapa siswa mungkin ingin pembuktian langsung dikelas. B) Membentuk kesadaran tentang diri dan orang lain. Sebagian siswa yang berkesulitan beljar tidak memilki kesadaran yang jelas pada sikapnya sendiri serta dampaknya pada orang lain. Membantu siswa ini menjadi lebih mengenal sikap mereka dan dampaknya pada orang lain merupakan kesempatan yang brarti bagi perkembangan sosial dan emosional. Berbicara terbuka dan penuh perhatian kepada siswa ini mengenai sikapnya juga dapat menjadi langkah penting dalam membentuk hubungan yang saling percaya di antara mereka. C) Mengajarkan sikap positif. Ketika siswa berkesulitan belajar menjadi lebih sadar terhadap sikapnya dan mendapat pemahaman yang lebih baik atas interaksi dengan orang lain, mereka akan merespon dengan baik intruksi-intruksi tentang cara membentuk hubungan yang baik do senso de si (citra diri) yang lebih positif. Jika sikap seorang siswa berkesulitan belajar sangat tidak layak atau sikap negatifnya tetap ada ketika semua cara telah dicoba, jangan ragu minta bantuan. Cari bantuan pada teman, com disekolah yang mungkin dapat memberikan bantuan dalam menjelaskan masalah-masalah sosial dan emosional, serta mencari solusi mengenai kesulitan tersebut. Pertolongan ini bisa datang dari psikolog, konselor, orang tua, guru, dan kepala sekolah. Yang terpenting seorang pendidik memahami bahwa minta bantuan bukan tanda kelemahan atau ketidakmampuan.

No comments:

Post a Comment